Jumat, 24 Mei 2013

Masa - Masa Sekolah dan hidup Saya

Hari ini adalah masa dimana remaja yang telah menunaikan pendidikan di jenjang Sekolah Menengah Umum (SMA) merayakan keLULUSAN mereka, hasil jerih payah 3 tahun menuntut ilmu.

tapi seminggu sebelumnya mereka dibuat GUGUP dengan semua pernyataan dan perumpamaan.
dan yang sering keluar adalah kalimat KALAU KAMU GAK LULUS GIMANA?
Yak!! kalimat yang bersifat tanya ini sangat amat membuat drop! 
membuat kita berpikir dan berandai-andai 
"Kalo beneran gak lulus ngapain ya" 
"Kalo gak lulus bapak sama ibu bakal kecewa dan marah gak ya"
"Kalo gak lulus pasti aku bakal dikawanin"
"Kalo sampai gak lulus aku bakal bakar sekolah"

dan itu sebagian perandai-andainya.
masa SMA bagi sebagian orang itu hal yang sangat amat menyenangkan dalam suatu jenjang pendidikan.
masa  dimana kita mulai ingin mengetahui apapun yang ada diluar sana, dari bentuk dan pola Tetek cewe sampai sensasi saat cipokan dikelas atau WC sekolah.
hahhahaha..
di SMP juga ada sih kayagitu, tapi kita sekarang lagi ngebahas SMA :D

SMA itu adalah masa dimana kita tumbuh menjadi pribadi yang keras, dan banyak tau akan sesuatu, pribadi yang menentang, pribadi yang mengantarkan kita ke suatu pilihan.
dan masa-masa dSMA pula kita bebas mengeekpresikan apapun yang ada didiri kita, dari mulai sok-sok'an ngerokok, kebut-kebutan, freesex, drugs, sampai memilih untuk menikah :D

banyak hal dan cerita ketika berseragam (bersekolah) .
dari kisah kasih disekolah hingga jadi korban cukur rambut..
tapi hal yang menarik adalah KISAH KASIH DISEKOLAH nya...
Cieeeeee pada senyam-senyum nih  angkatan 90'an...

yak, percintaan anak SMA itu tergolong lucu...
zaman saya dulu sekolah (ya walaupun gak sampai selese di jenjang SMA) banyak temen-temen yang bangun terlalu pagi untuk menjemput pacarnya (waktu itu saya masih kelas 1 SMK dan belum punya motor dan saya JOMBLO)
dan rela menjemput jauh-jauh untuk sekedar menunaikan kewajiban "bercintanya",
udah jarak rumah pacarnya jauh, eh jarak rumah pacar kesekolah juga jauh terus gak searah sama sekolah cwonya, tapi apalah arti jarak, cinta itu tidak mengenal jarak dan waktu cinta itu mengenal pengorbanan....
Cieeeileeeeee bahasa gue....

biasanya zaman SMA pacarannya gak 1 sekolah  alasannya sih simple "supaya gak ketahuan bodohnya" gitu.
tapi sampai sekarang saya masih bingung kalo emang bodoh kok ada yang mau :D #persoalan (anak twitter biasa make #)

dulu juga waktu zaman saya sekolah belum ada yang namanya applikasi BLACKBERRY MESSENGER yang ada cuma SMS.
zaman saya kelas 1 SMA gaya smsan nya unik kayak gini.

CaYanK nAnti JemPut AkU Gak PAs puLAnG SeKolAh?

IyA :)

Sempet juga sih yang make angka gitu, cuma bertahan beberapa hari aja. ribet soalnya..
yang paling gaul sih tulisan BeSaR-KeCiL gitu dimasa saya sekolah, yang Campuran 4n9k4 kayak gini saya gak mengikuti..

dan zaman dulu instensnya sih SMSan. dari pagi - pagi lagi isinya SMS .. zaman dulu mah provider baik gratisan SMS nya banyak banget.
nah selain SMSan juga remaja zaman saya suka telpon-telponan pada pukul 00.00 - 05-00 pagi karena apa? 
karena provider dulu gratis nelponnya cuma di jam itu yang dulu make provider XL atau Im3 pasti paham :D

pokoknya zaman-zaman saya sekolah itu gak ada namanya begadang gara-gara bola, yang ada mah begadang gara-gara telpon-telponan sama pacar. 
beda sama anak zaman sekarang biasa sih disebut anak 2000'an :D

anak zaman dulu mah gak kenal yang namanya TWITTER atau FB , yang terkenal zaman itu adalah FRIENDSTER , saya pertama kali mengenal istilah 'WALL' itu pas zaman Friendster, 
dulu kalo udah punya FRIENDSTER berasa paling GAOLLLLL.. tiap hari pulang sekolah ke warnet cuma buat ngelihat TESTI dari pacar maupun temen, dulu mah gak ada Smartphone makanya kita harus nyisihin uang saku buat kewarnet..
zaman dulu mah HP yang paling Smart ya yang ada Kamera Sama MP3 dan ada App SeleQ, nah itu udah mewah banget ya kalo kita ngomongin merk NOKIA 6600, yang dipake CINTA di Film Ada Apa dengan Cinta ( AADC ) :D 
(TuA banget Yakkkkkk!!)

dan dulu itu gaul nya cuma pas malam minggu gak kayak sekarang yang bisa tiap hari jalan, dan dulu semua dibatasin dari fasilitas dan jam pulang  malam, waktu saya sekolah dulu jam pulang harus jam 9 malam.
entah apa yang ada dipikiran Ibu sama bapak saya waktu zaman itu, aku kan cowok masa pulangnya jam 9. 
(pulang jam 9 itu waktu kelas 1 SMK)

zaman dulu malam minggu selalu rame karena zaman saya banyak club-club motor yang setiap malam minggu menghiasi trotoar kota PALANGKARAYA (kota kelahiran saya) 
waktu itu club motor seperti L.A ceper , ANSDOSKY (kalo gak salah sih gt tulisannya) lumayan tersohor dikota ini dan ANSDOKY itu club motor yang isinya CEWEK semua.. cantik - cantik pula.

selain klub motor hiburan malam minggunya adalah DI BUNDARAN BESAR. dan itu juga tempat para pedagang mencari nafkah, dulu mah orang jualan balon setiap malam minggu banyak, beda sama sekarang..

dulu siapa yang punya motor bakal banyak temen dan bakal di ambung-ambungkan supaya bisa ikut jalan malam minggu.. hahhah
kalo sekarang mah SMP aja udah naik motor SMA udah ada yang make Mobil, ..

dan angkatan saya gak ada yang update tentang dunia luar, update tentang klub bolanya, atau update tentang apapun, dulu mah taunya modif motor terus kalo yang hobi modif beli deh majalah Otomotif  dulu nama majalahnya otoPLUS sampai ada stikernya 'SIJI AE OTO PLUS' anak 90'an pasti pernah liat tu stiker di motor-motor temen..

oke balik ke pembahasan LULUS, seetiap tahun target kelulusan (nilai) semakin tinggi dan semakin banyak juga yang tidak lulus,
dan menurutuku kelulusan tidak selalu tentang nilai tapi tentang prilaku di sekolah,. dan yang pasti tentang LUCKY :D
cerita lagi..
Saya dulu waktu kelas 2 SMK mempunyai hobi BOLOS dan saya mempunyai patner temen sekelas juga yang mempunyai hobi yang sama.
tapi anehnya pas bagi raport dia Naik kelas dan saya tinggal kelas..
oke tidak berhenti disitu, tahun kedua saya di kelas 2 saya tetap dengan kebiasaan saya yaitu bolos sekolah, dari rumah berangkat tapi gak sampai sekolah dan dengan TEMEN yang sama..
pas pengumuman bagi raport saya dinyatakan tinggal kelas lagi dan harus pergi (keluar) dari sekolah tersebut dan TEMEN saya yang naik kekelas 3 dan mengikuti UAN dia dinyatakan LULUS...

DONGKOL sih pas waktu itu.. temen sepermainan bisa NAIK kelas dan LULUS mendapatkan ijazah sedangkan saya tidak,...
saya mengecewakan orang tua saya dan semua keluarga saya..
kata-kata ibu saya yang paling saya ingat pas saya dinyatakan tidak lulus adalah "INI HIDUP KAMU, DAN INI PILIHAN KAMU, ORANGTUA SUDAH BERUSAHA" beliau ngomong gak pake nada marah cuma sedikit sedih dan pasrah..\
dan mulai dari situ saya sadar saya sudah mengecewakan mereka.

gak berhenti disitu berbulan-bulan saya jadi orang asing dirumah. jarang ditegur mungkin itu cara mereka menunjukan kekecewaannya.
dan terpikirlah buat pergi dari rumah, mencari jati diri baru..
dan saat itu tidak ada pikiran untuk MENCARI UANG dalam pikiran saya cuma keluar rumah dan bisa bertahan hidup itu saja.

keluarga saya mendidik saya dengan keras..
dan ternyata diluar sana lebih keras daripada dirumah..
tapi saya banyak belajar tentang KEBERSAMAAN , susahnya BERTAHAN HIDUP disaat temen-temen seangkatan pada kuliah. dan belajar tentang MENGHARGAI waktu.

hidup diluar memang bebas tapi waktu terus berjalan dan umur semakin bertambah..
tidak ada habisnya kalo harus menjalankan aktifitas yang tidak menghasilkan apa-apa...
pada saat itu saya berpikir "MAU SAMPAI KAPAN HIDUP LONTANG-LANTUNG?"
dan pada saat itu saya keluar lagi dari kumpulan saya (Oya saya dulu pernah ikut-iukutan ngPUNK, bertahan hidup dengan ngamen kalo nyeritain saya dan kumpulan PUNK mah panjang kita singkat aja ya)

dan pada akhirnya saya cari kerja dan pada saat itu saya dapat kerja yang tak harus punya ijasah tapi punya KEMAUAN. 
Yak saya kerja di salah 1 bengkel mobil, hidup jadi anak bengkel keras sob apalagi kalo bengkelnya tiap hari rame dan dengan bos yang ekstra killer.
dulu saya digajih 20-30rb perHari ya suka-suka montirnya aja yang ngasih karena saya cuma jadi pembantu montir (tukang ambilin kunci-kunci)

dan waktu itu gajih pertama saya cuma 30rb dan saya BANGGA!!!
saya langsung pulang kerumah dan membeli ROKOK di warung ibu saya (kebetulan ibu punya usaha warung) dan itu pertama kalinya saya merokok di depan Ortu (tapi saya sekarang sudah berhenti ngerokok! alhamdulilah ya :) ) 
suasana rumah tetep seperti dulu cuma bedanya ada 'senyum bangga' dari ibu saya...
saya cuma bertahan 3 bulan kerja di bengkel, saya bukan type orang yang bisa kerja dibawah tekanan.

dann saya nanggur lagi...
keluar rumah lagi...
sampai saat dimana saya punya pacar untuk kesekian kalinya dan dia yang mau nerima saya saat saya masih susah.
dan kata orang 'Pacar baru Rejeki baru' itu bener adanya gak lama saya dapat kerja di warnet jadi OP nya.
iini lebih ringan kerjanya lebih santai dan gajihnya lumayan, dua bulan kerja saya beranikan diri buat ngeredit motor, alhamdulilah punya.. dan SAYA LAGI-LAGI BANGGA!!

disaat temen-temen seangkatan masih dibeliin atau cicilannya masih dibayarin orang tua saya pada saat itu sudah bisa membayarnya sendiri.
sekitar setengah tahun saya kerja jadi OP warnet yang berhenti lagi.. karena warnet pada saat mulai sepi dan saya diberhentikan.
nganggur lagi,,,,

dan cicilan motor mulai goyah, dan motor saya sementara diambil kaka saya dan dia yang ngelanjutin kreditannya sampai saya dapat kerja baru.

sempet 2 bulan saya harus nebeng atau pinjem motor pacar saya buat kesana-kemari cari kerja dan alhamdulilah dapet.
dan lagi-lagi OP warnet karena tahun 2010'an itu warnet lagi booming.

dan gajih pertama saya buat mengambil motor saya..
singkat cerita gak lama saya kerja diwarnet yang baru saya dapat kerjaan kantoran dengan modal GAK TAU MALU saya bikin lamaran dengan lampiran ijazah SMP dan alhamdulilah di terima entah yang nerima gak lihat ijash atau gimana tapi waktu itu saya sangat amat bangga, gak pernah mimpi bisa kerja diruangan berAC dengan ijazah SMP dan keahlian komputer yang pas-pas'an..

alhamdulilah sampai sekarang saya berkerja di perusahaan itu dan sampai bisa ngelunasin motor saya,.
harta yang saya miliki baru motor, Hp, dan kasur Springbed dan beberapa baju dan sepatu hasil jerih payah saya sendiri dan isyaallah akan terus bertambah.

Menurutku gak ada kata gagal, selagi ada kesadaran dan kemauan untuk berusaha maju, saya mungkin gak punya ijasah SMA (tapi sekarang udah ada ijazah paket C) pada saat itu tapi saya sadar hidup bukan tentang RAME-RAME atau Nongkrong tapi tentang apa yang harus ku hasilkan untuk kedepannya.

kembali ke hari ini..
BUAT KALIAN YANG HARI INI GAK LULUS, JANGAN BERKECIL HATI. PENCAPAIAN BUKAN DILIHAT DARI BERAPA BANYAK IJASAH ANDA, TAPI DARI BERAPA BANYAK KEMAUAN ANDA UNTUK MENDAPATKANNYA.

dan mungkin sebagian dari kalian orang Mampu, 

tapi MAMPU kalau tidak ada KEMAUAN hasilnya tetep NOL sedangkan ada KEMAUAN tapi tidak MAMPU masih BISA menghasilkan kok. iya itung-itung gak minta sama ortu..

dan akhir kata dari tulisan ini adalah...
SAYA CAPEK!
maksih :p


                                                                              




                                                                                @ariesadewo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar